Prinsip-Prinsip Dan Langkah-Langkah Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab

Prinsip-Prinsip Dan Langkah-Langkah Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab

Dosen Pengampu : Dr. Imelda Wahyuni S.S, M.Pd.I

 

 

 

 

Oleh

Kelompok 3 :

Jamet Wolio      / 17010102034

Novita               / 17010102038

Risiani Ladila    / 17010102039

Ruhani               / 18010102056

 

 

 

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KENDARI

2019

 


KATA PENGANTAR

 

 


Alhamdulillah Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah , atas Rahmat dan Hidayah-Nyalah kami selaku penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu dan tidak ada hambatan sedikitpun didalamnya, makalah ini kami susun dengan judul “Prinsip-Prinsip dan Langkah-Langkah Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab”. Shalawat serta Salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi kita Rasulullah Muhammad , keluarga, sahabat serta para pengikutnya hingga akhir zaman dan semoga kita semua mendapatkan syafaat beliau Aamiin.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, terkhusus kepada dosen pembimbing kami yang telah memberikan arahan kepada kami, maksud dari penyusunan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Media Pembelajaran Bahasa Arab, dan harapan kami bahwa makalah ini dapat menjadi rujukan bagi penyusunan makalah yang senada dengannya dan yang paling utama dapat menambah wawasan keilmuan bagi para mahasiswa.

 

 

Kendari,  7 Oktober 2019

 

 

 

Tim Penyusun

 

 

DAFTAR ISI

Halaman Cover...................................................................................................... i

Kata Pengantar...................................................................................................... ii

Daftar Isi............................................................................................................... iii

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang.......................................................................................... 1

B.     Rumusan Masalah..................................................................................... 1

C.     Tujuan........................................................................................................ 1

BAB II PEMBAHASAN

A.    Prinsip-Prinsip Media Pembelajaran Bahasa Arab.................................... 2

B.     Langkah-Langkah Media Pembelajaran Bahasa Arab.............................. 5

BAB III PENUTUP

A.    Kesimpulan................................................................................................ 14

B.     Saran dan Kritik........................................................................................ 14

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB I

PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Di Era Globalisasi ini bahasa memiliki peranan yang sangat penting terutama bahasa sebagai alat komunikasi yang digunakan oleh manusia. Dewasa ini Bahasa Arab telah dipergunakan secara meluas khususnya dikalangan umat muslim diberbagai penjuru sehingga bahasa arab dijadikan sebagai salah satu bahasa Internasional, oleh karena itu penting sekali untuk dikuasai.

Menyadari akan penting pentingnya bahasa arab maka upaya mengajarkan bahasa arab terus didorong khususnya disekolah-sekolah / madrasah, upaya ini dilakukan agar mampu menghasilkan kompetensi individu yang berkualitas dalam pembelajaran bahasa arab dan memiliki daya saing khususnya penguasaan bahasa arab.

Agar dapat memperoleh hal tersebut maka pengajaran bahasa arab arab haruslah menyenangkan dan diminati oleh para siswa salah satu cara yang dapat ditempuh yaitu penggunaan media pembelajaran bahasa arab sehingga dapat mendorong keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa arab.[1]

Kata “media” Berasal dari bahasa latin “medium” yang berarti perantara atau pengantar, lebih lanjut media merupakan sarana penyalur pesan atau informasi belajar yang hendari disampaikan oleh sumber pesan kepada sasaran atau penerima pesan tersebut.[2]

Menurut Association for Education and Communication (AECT), media adalah segala bentuk dan saluran yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi, Sedangkan yang dimaksud dengan Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang terencana, terprogram dan bertujuan untuk mengantarkan pesan atau isi pelajaran sehingga dapat merangsang minat, perhatian, perasaan, pikiran dan perilaku siswa dalam proses pembelajaran sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Jadi dapat dikatakan bahwa media pembelajaran bahasa arab adalah segala sesuatu yang terencana, terprogram dan bertujuan agar pesan atau materi bahasa arab dapat tersalur dengan mudah kepada siswa dan mencapai tujuan pembelajaran tersebut. [3]

 

B.       Rumusan Masalah

               1          Apa sajakah Pinsip-prinsip Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab?

               2          Apa sajakah Langkah-langkah Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa arab?

 

C.      Tujuan

               1          Untuk Mengetahui Apa saja Pinsip-prinsip Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab.

               2          Untuk Mengetahui Apa saja Langkah-langkah Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa arab.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

A.      Prinsip- Prinsip Media Pembelajaran Bahasa Arab

 

Prinsip adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang/ kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak.[4]

Seorang guru ( pengajar ) sebelum ia menggunakan media hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan media sehingga ia dapat menggunakan media dengan baik dan tepat. Secara umum prinsip-prinsip penggunaan media adalah sebagai berikut[5] :

               1.            Media harus merupakan bagian integral dari sistem pembelajaran.

               2.            Efisiensi dan Proporsional , Penggunaan terlalu banyak secara sekaligus justru akan membingungkan dan tidak memperjelas pelajaran.

               3.            Harus senantiasa dilakukan persiapan yang cukup untuk menggunakan media pembelajaran. Kesalahan yang sering terjadi yaitu anggapan bahwa dengan adanya media guru tidak perlu membuat persiapan mengajar.

               4.            Siswa harus dipersiapkan dan diperlakukan sebagai peserta yang aktif. Siswa harus ikut serta bertanggung jawab untuk apa yang terjadi selama pembelajaran berlangsung siswa setelah membaca buku harus menjawab pertanyaan.

               5.            Secara umum perlu diusahakan penampilan yang positif dari pada yang negatif. Bilamana guru berdemonstrasi, memberikan contoh, menunjukkan model atau memperagakan sesuatu hendaknya selalu mengambil segi yang positif, karena bila ditampilkan negative akan cepat ditiru, ditangkap atau dicoba oleh anak-anak, yang mula-mula sebagai selingan akhirnya menjadi kebiasaan.

               6.            Hendaknya tidak menggunakan media pembelajaran sekedar sebagai selingan hiburan atau pengisi waktu, kecuali kalau memang tujuan pembelajarannya demikian.

               7.            Pergunakan kesempatan menggunakan media yang dapat dianggap baik untuk melatih perkembagan bahasa, baik lisan maupun tulisan. Misalnya dengan mengguanakan diagram, denah dan lain-lain, anak dilatih untuk mengungkapkan isi diagaram atau denah itu baik secara lisan maupun tulisan.

Pedapat lain disebutkan bahwa prinsip-prinsip penggunaaan media pembelajaran secara umum antara lain :

               1.            Proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan dapat dibuat sedemikian rupa, misalnya dengan permainan instruksional, atau dengan yang lainnya.

               2.            Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. Dengan media pembelajaran yang baik, maka proses pembelajaran diharapkan akan jadi interaktif. Membuat media pembelajaran yang mudah digunakan oleh siswa, akan membuat siswa lebih tertarik dan berperan aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

               3.            Tersedia feedback (umpan balik). Media pembelajaran yang baik, seharusnya tersedia umpan balik atau feedback yang dapat dengan mudah dipahami oleh siswa sehingga jika terdapat kesalahan yang didapat siswa dapat segera diketahui dan dipahami. Media pembelajaran yang menyediakan feedback dapat meningkatkan m otivasi diri pada siswa, dengan menginformasikan hasil yang didapat oleh siswa saat mengerjakan[6].

Demikianlah prinsip-prinsip umum penggunaan media, adapun prinsip-prinsip penggunaan media dalam pembelajaran bahasa adalah, sebagai berikut:[7]

               1          Menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan menggunakan media dengan tepat dan teliti.

Hal ini menuntut kemampuan dari seorang guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran yang tepat dan dapat diukur serta dengan memperthatikan semua tingkatan tujuan mulai dari kognitif, efektif, psikomotorik dan seterusnya. Dan kemampuan pengguna media dalam hal ini guru dalam menentukan tujuan pembelajaran akan dapat membantu dalam memilih media yang tepat untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

               2          Mengenal dengan baik obyek media.

Yang dimaksud dengan kelompok obyek media adalah peserta didik itu sendiri. Hal- hal yang perlu diketahui oleh guru pengguna media terkait dengan peserta didik diantaranya adalah usia, tingkat kecerdasan, pengetahuan dan kebutuhan mereka. Semua itu harus diketahui terlebih dahulu untuk memastikan efektifitas penggunaan media pembelajaran.

               3          Mengetahui kurikulum sekolah atau bidang studi dan seberapa jauh kaitannya dengan media.

Memahami kurikulum bukan hanya materi atau isi dari buku ajar, namun kurikulum mencakup semua unsur-unsur yang ada didalamnya yaitu; tujuan, isi, metode, dan evaluasi. Semua itu harus diketahui dengan baik oleh guru pengguna media agar tepat dalam menggunakan media dan menghasilkan dampat pembelajaran yang baik.

               4          Melakukan percobaan sebelum menggunakan media.

Ada beberapa alasan yang mendasari percobaan media terlebih dahulu sebelum menggunakannya, yaitu agar dapat menentukan waktu dan tempat yang tepat untuk menampilkan media dan menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan misalnya film yang ditanyangkan ternyata bukan film yang dimaksud atau media tidak bisa dioperasikan atau petunjuk penggunaan media tidak sesuai dengan isinya, yang apabila itu terjadi dapat menyulitkan guru dan menimbulkan kekacauan dalam kelas.

               5          Menyiapkan psikologi peserta didik untuk menerima materi.

Untuk itu diperlukan beberapa cara, diantaranya:

                              a.       Mengajukan beberapa pertanyaan untuk memancing peserta didik dalam mengikuti pembelajaran melalui media.

                              b.       Menceritakan dengan singkat isi dari media yang akan digunakan dengan menggaris bawahi hal-hal penting yang tidak diceritakan dalam ringkasan.

                              c.       Menunjukkan persoalan tertentu yang cara penyelesaiannya ada pada penggunaan media.

               6          Menyiapkan suasana yang kondusif untuk menggunakan media.

yang dimaksud dengan suasana disini adalah suasana tempat penggunaan media, mulai dari penerangan, fentilasi udara, tersedianya semua peralatan yang dibutuhkan oleh media dan penggunaan media pada saat yang tepat diantar proses belajar mengajar sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapakan.

               7          Mengevaluasi media.

Penilaian merupakan suatu proses pengumpulan, pelaporan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa yang diperoleh melalui pengukuran untuk menganalisis atau menjelaskan unjuk kerja atau prestasi siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang terkait. Proses penilaian mencakup pengumpulan sejumlah bukti-bukti yang menunjukkan pencapaian hasil belajar siswa. Dengan demikian, penilaian atau asesmen adalah suatu pertanyaan berdasarkan sejumlah fakta untuk menjelaskan karakteristik seseorang atau sesuatu.

Evaluasi media dilakukan terhadap hasil yang dicapai dalam pembelajaran dengan menggunakan media dan kesesuaiannya dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Evaluasi bisa dilakukan dengan cara mengukur apa yang didapat oleh peserta didk atau dengan mengukur seberapa jaub kecenderungan dan keterampilan yang dimiliki peserta didik setelah mengukiti proses belajar mengajar dengan menggunakan media. Disamping itu, evaluasi bisa dilakukan untuk mengetahui efektifitas media dalam menumbuhkan suasana yang kondusif untuk proses belajar mengajar.

Adapun Tekhnis untuk mengevaluasi guru dapat membuat lembar evaluasi dengan mencantumkan jeni media yang ingin dievaluasi dan hal-hal yang ingin diukur seperti waktu, pemahaman terhadap materi danm kesesuain media dengan peserta didik dan materi serta tujuan pembelajaran.

 

Dari beberapa prinsip dapat disimpulkan bahwa prinsip-prinsip penggunaan media dalam pembelajaran bahasa arab yaitu, sebagai berikut :

                  1.          media harus sesuai dengan perkembangan kebahasaan anak.

                  2.          memilih kosakata bahasa arab  yang popular.

                  3.          memilih kosakata yang dibutuhkan.

                  4.          dapat dijangkau oleh semua siswa dan yang terpenting bahwa media tersebut dapat digunakan dan diarahkan untuk mempermudah siswa dalam upaya memahami materi bahasa arab, olehnya itu media harus dipandang dari sudut kebutuhan siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan bahasa arab disenangi oleh siswa.

 

B.       Langkah-langkah Penggunan Media Pembelajaran Bahasa Arab

 

Setelah mengetahui prinsip-prisip penggunaan media pembelajaran bahasa arab maka selanjutnya yang perlu diperhatikan oleh guru yang baik yaitu langkah-langkah penggunaan media pembelajaran bahasa arab agar tujuan yang telah direncanakan dapat  tercapai, Adapun langkah-langkah yang direkomendasikan dalam penggunaan media dalam pembelajaran bahasa terbagi atas tiga tahap :

 

             1.     langkah-langkah sebelum menggunakan media, yang meliputi :

                              a.       Menentukan media yang tepat,

                              b.       Memastikan ketersediaan media,

                              c.       Mungkin diperoleh / didapatkan,

                             d.       Menyiapkan kebutuhan pendukung media dan

                              e.       Menyiapkan tempat untuk menampilkan media.

             2.     langkah-langkah pada saat menggunaan media yang meliputi :

a.       Adanya pengantar dalam menggunakan media,

b.      Menggunakan media pada saat yang tepat,

c.       Menampilkan media pada tempat yang tepat,

d.      Menampilkan media dengan cara yang menarik,

e.       Memastikan semua peserta didik dapat melihat media,

f.       Memastikan semua peserta didik antusias terhadap penggunaan media,

g.      Memberi kesempatan kepada perwakilan peserta didik untuk mencoba menggunakan media,

h.      tidak terlalu lama menampilkan media untuk menghindari kejenuhan, (i) tidak terlalu singkat dalam menggunakan media

i.        tidak terlalu benyak media dalam satu pelajaran

j.        tidak boleh meninggalkan media setelah dipakai didepan kelas, agar perhatian peserta didik tidak terpecah dan hanya konsen pada guru pengajaran

k.      guru mampu menjawab semua pertanyaan yang datng dari peserta didik.

 

             3.     langkah- langkah setelah menggunakan media yang meliputi :

a.       Mengevaluasi media, tujuannya adalah untuk mengukur efektifitas  penggunaan media dalam merealisasikan tujuan pembelajaran, dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pelajaran serta apakah pengguanaan media dimasa yang akan dating diperlukan lagi atau tidak.

b.      Memperbaiki media, hal ini dilakukan jika terjadi kerusakan pada media pada saat menggunakannya, atau mengganti salah satu komponen media yang sudah tidak berfungsi lagi, atau untuk menertibkan dan menyusun kembali sesuai dengan urutan semula sehingga dapat dipakai pada kesempatan yang akan dating dengan mudah.

c.       Menjaga media, yaitu dengan menyimpan media yang sudah selesai digunakan ditempat yang tepat agar mudah didapatkan pada penggunaan berikutnya.

 

Setelah mengetahui tiga Tahapan diatas, dibawah ini penulis memaparkan beberapa contoh media dalam pembelajaran beserta langkah-langkah penggunaannya yaitu, sebagai berikut :

 

      1.            Media Lagu dalam pembelajaran istima’

Adapun langka-langkah yang dapat dilakukan guru dalam memanfaatkan media music dalam proses pembelajaran istima’ adalah sebagai berikut :

a.    Harus menjelaskan kepada siswa, dengan pendek kata, guru diharapkan bisa meminimalisir kesulitan siswa dalam memahami teks istma’ dalam sebuah lagu dengan cara yang mudah diterima.

b.    Siswa mendiskusikan lirik lagu yang telah dibacakan dan diakhiri dengan menyampaikan pertanyaan pertanyaan yang bertujuan dengan tujuan yang dimaksud.

c.    Meyuruh siswa untuk membuat ringkasan lirik lagi yang telah didengar dan meyampaikan ringkasan tersebut secara lisan dihadapan teman-teman dikelas.

d.   Mengevaluasi pencapaian siswa dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan secara mendalam serta dekat dengan tujuan yang hendak dicapai sehingga dapat dipakai untuk mengukur tingkat kemajuan siswa.[8]

      2.            Media Strip Story Dalam Pembelajaran Kitabah

Adapun langkah-langkah Penggunaan Media ini yaitu sebagai berikut:

                         a.        Pengajaran membagi pada beberapa kelompok, misalnya 3 kelompok yang jumlahnya sama.

                         b.        Potongan cerita tersebut dibagikan kepada pembelajar berdasarkan kelompok, dengan potongan cerita yang sama secara acak.

                         c.        Pengajar meminta pembelajar untuk menghafal kalimat yang diperolehnya selama satu menit. Pembelajar dilarang untuk menuliskannnya atau memperlihatkan pada teman sekelompoknya.

                        d.        Pengajar meminta pembelajar untuk menutup kepingan kertas tadi atau mengumpulkannya.

                         e.        Pengajar meminta pembelajar berdiri mengungkapkan kalimat yang mereka hafal tadi bergantian dalam kelompok masing-masing.

                          f.        Pengajar diam mengamati.

                         g.        Setelah masing-masing pembelajar mengungkapkan potongan kalimatnya, mereka tampak sibuk menyusun cerita tersebut menjadi satu cerita. Yang utuh dan tersebut sistematis.

1)        Kadang-kadang pemimpin kelompok muncul dengan sendirinya, bertanya atau menyarankan sesuatu.

2)        Kerkadang pula pembelajar masing-masing mulai bicara sana sini dengan teman sekelompoknya sehingga terlihat tidak teratur dan rebut.

3)        Sampai kemudian semua pembelajar dalam kelompok mendengar semua kalimat-kalimat yang ada.

                         h.        Setelah kalimat itu di ulang-ulang beberapa kali, tibalah mereka menyusun kalimat yang belum tersambung tadi menjadi kalimat yang rapi.

                           i.        Setelah cerita tersebut tersusun rapi, pengajar meminta pembelajar untuk duduk diam dimasing-masing kelompoknya.

                           j.        Pengajar meminta pembelajar untuk menyebutkan kalimat-kalimat yang sudah tersusun itu secara bergantian sehingga potongan kalimat itu terdengar menjadi suatu cerita yang teratur.

                         k.        Kalau masih ada waktu pelajar meminta pembelajar untuk menuliskan cerita tersebut dalam buku masing-masing berdasarkan tuturan potongan kalimat antar teman sekelompok.

                           l.        Setelah semua dilakukan oleh pembelajar, tiabalah saatnya pembelajar memberikan cerita yang utuh kepada pembelajar. Bila teks yang diberikan pengajar berbeda dengan yang sudah mereka susun, spontanitas mereka akan membicarakannya ramai-ramai akan isi cerita tersebut dan menjadi bahan perbincangan mereka secara alami. [9]

 

      3.            Media Teka-Teki Silang Dalam Meningkatkan Penguasan Mufrodat

Adapun langkah-langkah penggunaan media ini sebagai berikut :

                         a.        Guru medemonstrasikan terlebih dahulu permainan teka-teki silang kepada siswa didepan kelas, kemudian memberitahukan cara memainkannya.

                         b.        Guru membuat teka-teki sesuai dengan bahan yang akan diajarkan. Caranya guru menyiapkan bahan yang akan diajarkan, misalnya kita dapat mengambil pelajaran bahasa arab.

                         c.        Setelah bahan ajar telah siap selanjutnya guru membuat sebuah contoh pertanyaan dan contoh jawaban yang singkat saja seperti sinonim dan antonym dari kata bahasa arab.

                        d.        Jawaban dari soal bisa isim atau fi’il. kemudian guru membuat kolom yang memanjang dan mendatar serta menurun, guru dapat membuatnya menggunakan Laptop dan ditampilkan menggunakan LCD.

                         e.        Siswa disuruh mengisinya dengan teman sebangkunya

                          f.        setelah mereka selesai mengisi maka guru mengevaluasi semua hasil kerja siswa.[10]

      4.            Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Penguasan Mufrodat

Adapun langkah-langkah penggunaan media ini sebagai berikut :

                         a.        Pemberian konteks. Guru memberikan arti atau makna dengan kosa kata dengan gambar yang disajikan.

                         b.        Pengulangan kata. Siswa harus mengulang melafalkan kosa kata tanpa konteks sampai mereka melafalkan dengan baik.

                         c.        Pengecekkan arti kata dengan memberikan pertanyaan mengenai  kata itu.

                        d.        Penggunaan kata dalam konteks situasi ( gambar yang bermacam-macam )

                         e.        Pemberian kalimat contoh atau model, guru memberi kalimat contoh yang mengingatkan para siswa bagaimana menggunakan kosa kata dalam kalimat itu dalam konteks yang benar.[11]

 

      5.            Media Audio Dalam Pembelajaran Istima’

Terdapat beberapa langkah (secara umum) yang perlu diketahui dalam memanfaatkan media audio untuk kegiatan pembelajaran. Langkah-langkah tersebut meliputi langkah persiapan, langkah pelaksanakaan, dan langkah tindak lanjut. Penjelasannya sebagai berikut :

 

                       a.          Langkah Persiapan

Dalam langkah persiapan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pendidik, diantaranya adalah sebagai berikut :

                                       1).         Menyiapkan mental peserta didik agar dapat berperan serta secara aktif, sehingga paling lambat sehari sebelumnya rencana kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan media audio harus sudah diberi tahukan kepada peserta kepada peserta didik.

                                       2).         Pastikan bahwa peralatan yang akan digunakan untuk menampilkan program ( spiker, CD player atau computer) dapat berfungsi dengan baik.

                                       3).         Pastikan bahwa topic yang akan dibahas tersedia MP3 atau flash dan usahakan sebagai pendidik telah mempreviewnya terlebih dahulu sebelum menyajikan untuk kepentingan pembelajaran.

                                       4).         Pastikan bahwa diruangan tempat pembelajaran pembelajaran tersedia power listrik yang dibutuhkan untuk memutar program.

                                       5).         Ruangan hendaknya sudah diatur dengan sedemikian rupa ( cahaya, ventilasi, pengaturan tempat duduk, ketenangan dan lain-lain) sehingga peserta didik dapat mengikutinya dengan nyaman.

                                       6).         Jika memerlukan lembar kerja siswa atau bahan penyerta, pastikan bahwa keduanya telah tersedia dengan jumlah yang mencukup.

 

                       b.          Langkah Pelaksanaan

Pada langkah pelaksanaan hal-hal yang harus dilakukan antara lain :

                                        1).         Usahakan posisi penyimpanan file sudah berada ditempat pemutarannya dan tinggal menekan tombol “play” atau “on”.

                                        2).         Usahakan peserta didik sudah berada ditempat kegiatan  pembelajaran, setidaknya 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.

                                        3).         Jelaskan kepada peserta didik tentang jenis mata pelajaran, topic yang akan dibahas, dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

                                        4).         Mintalah peserta didik untuk memperhatikan baik-baik terhadap materi pembelajaran yang akan disampaikan melalui audio, mencatat bagian-bagian yang dianggap penting, serta mengikuti berbagai instruksi (perintah) yang akan disampaikan lewat media audio.

                                        5).         Putarkan program (audio) dengan mengklik tombol “play”.

                                        6).         Usahakan suasana tetap tenang atau kondusif selama pemutaran program media

                                        7).         Perhatikan dan catat berbagai reaksi peserta didik selama mereka mengikuti kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan program audio.

                                        8).         Disamping sebagai narasumber, pendidik juga sebagai fasilitator

 

                       c.          Langkah Tindak Lanjut

Pada langkah tindak lanjut hal-hal yang harus dilakukan antara lain sebagai berikut :

                                         1).       Mintalah peserta didik untuk menceritakan ringkasan materi pembelajaran yang berhasil mereka serap selama mendengarkan program media audio.

                                         2).        Mintalah peserta didik untuk menanyakan berbagai hal yang dianggap sulit (yang berhubungan dengan materi pembelajaran yang baru saja mereka pelajari mealalui media audio)

                                         3).       Sebelum pendidik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik terlebih dahulu berikan kesempatan kepada sesama peserta didik untuk mendiskusikan jawabannya. Peserta didik disini adalah sebagai fasilitator.

                                         4).       Jika semua pertanyaan sudah berhasil dijawab oleh teman-teman sesama peserta didik, maka pendidik tidak perlu menjawabnya lagi. Tugas pendidik adalah sebatas menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab selama berlangsungnya diskusi.

                                         5).       Berikan tes untuk mengukur tingkat keberhasilan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran melalui pemanfaatan media audio.

                                         6).       Jika ada tugas-tugas atau pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, sampaikanlah sebelum peserta didik meninggalkan tempat.[12]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

A.      Kesimpulan

1.         Dapat disimpulkan bahwa prinsip-prinsip penggunaan media dalam pembelajaran bahasa arab yaitu, sebagai berikut :

a.    Media harus sesuai dengan perkembangan kebahasaan anak.

b.    Memilih kosakata bahasa arab  yang popular.

c.    Memilih kosakata yang dibutuhkan.

d.   Dapat dijangkau oleh semua siswa dan yang terpenting bahwa media tersebut dapat digunakan dan diarahkan untuk mempermudah siswa dalam upaya memahami materi bahasa arab, olehnya itu media harus dipandang dari sudut kebutuhan siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan bahasa arab disenangi oleh siswa.

 

2.         Adapun langkah-langkah yang direkomendasikan dalam penggunaan media dalam pembelajaran bahasa terbagi atas tiga tahap :

Langkah-langkah sebelum menggunakan media, yang meliputi: 1) Menentukan media yang tepat, 2) Memastikan ketersediaan media, 3) Mungkin diperoleh / didapatkan, 4) Menyiapkan kebutuhan pendukung media dan 5) Menyiapkan tempat untuk menampilkan media.

Langkah-langkah pada saat menggunaan media yang meliputi : 1) Adanya pengantar dalam menggunakan media, 2) Menggunakan media pada saat yang tepat, 3) Menampilkan media pada tempat yang tepat, 4) Menampilkan media dengan cara yang menarik, 4) Memastikan semua peserta didik dapat melihat media, 5) Memastikan semua peserta didik antusias terhadap penggunaan media, 6) Memberi kesempatan kepada perwakilan peserta didik untuk mencoba menggunakan media, 7) tidak terlalu lama menampilkan media untuk menghindari kejenuhan, 8) tidak terlalu singkat dalam menggunakan media, 9) tidak terlalu benyak media dalam satu pelajaran, 10) tidak boleh meninggalkan media setelah dipakai didepan kelas, agar perhatian peserta didik tidak terpecah dan hanya konsen pada guru pengajaran dan 11) guru mampu menjawab semua pertanyaan yang dating dari peserta didik.

 

             4.     langkah- langkah setelah menggunakan media yang meliputi : 1) Mengevaluasi media, 2) Memperbaiki media, dan 3) Menjaga media .

 

B.       Saran dan Kritik

Penulis menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan dalam makalah ini, olehnya itu kami membutuhkan saran dan kritik yang sifatnya membangun dari para pembaca khususnya dosen pembimbing. Terima Kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Aminudin. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Al-MUNZIR, 2014, 7.2: h.14-28

 

Baiq Tuhfatul Unsi, Media Gambar Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab, Tafaqquh. Juni 2014. 2.1 : h. 26-44

Hayati Nufus, Pembelajaran Insya (Kitabah) Dengan Media Strip Story. Jurnal Horizon Pendidikan. Juli-Desember 2016. 10.2

Hasan, Keterampilan Mengajar Bahasa Arab Materi Istima’ Menggunakan Media Lagu, Jurnal Ilmiah Al-Qalam, 2017. 10.19: h.127-147

Hamid, Abdul, dkk. 2008 . Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi,Materi, dan Media. Yogyakarta : UIN-Malang Press

Machmud, Hadi. 2006. Media Pembelajaran. Kendari: Istana Profesional

M Khalilullah. Permainan teka-teki silang sebagai media dalam pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). An-Nida', 2012, 37.1: h.15-25

 

Muhammad Nasikhul Abid https://dosenmuslim.com/pendidikan/langkah-langkah-penggunaan-media-pembelajaran-audio/ Diakses pada tanggal 07/10/2019, 17:32 WITA

Umar. Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2017, 11.01: h.131-144

www.tintaguru.com/Prinsip-prinsip media pemb elajaran Diakses pada 07/10/2019, 17:30 WITA

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Prinsip Diakses pada 12 Oktober pukul 21:54 WITA

 

 

 

 

 

 

 

 

 



[1] M Khalilullah. Permainan teka-teki silang sebagai media dalam pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). An-Nida', 2012, 37.1: h.15

[2] Umar. Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2017, 11.01: h.133

[3] Aminudin. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Al-MUNZIR, 2014, 7.2: 18-21

[5] Hadi Machmud, Media Pembelajaran,( Kendari: Istana Profesional, 2006 ) h.113-115

[6] www.tintaguru.com/Prinsip-prinsip media pembelajaran  07/10/2019, 17:30 WITA

[7] Abdul Hamid,dkk. Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media, (Yogyakarta : UIN-Malang Press. 2008 ) h. 182-185

[8] Hasan, Keterampilan Mengajar Bahasa Arab Materi Istima’ Menggunakan Media Lagu, Jurnal Ilmiah Al-Qalam, 2017. 10.19: h.140

[9] Hayati Nufus, Pembelajaran Insya (Kitabah) Dengan Media Strip Story. Jurnal Horizon Pendidikan. Juli-Desember 2016. 10.2 : h.219

[10]  M Khalilullah . h.24-25

[11] Baiq Tuhfatul Unsi, Media Gambar Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab, Tafaqquh. Juni 2014. 2.1 : h. 42

[12] Muhammad Nasikhul Abid https://dosenmuslim.com/pendidikan/langkah-langkah-penggunaan-media-pembelajaran-audio/ Diakses pada tanggal 07/10/2019, 17:32 WITA 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Makalah ulumul qur'an

  BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Memahami al-Qur’an banyak kaitannya dengan variable-variabel yang harus dikuasai, baik kaita...