MAFAA’IL AL KHAMSAH (مفاعيل
الخمسة)
Mafaa’il
Khamsah yaitu :
1. Maf’ulun Bih (مفعول به)
2.
Maf’ulun
Muthlaq (مفعول
مطلق)
3.
Maf’ulun
Liajlih (مفعول
لأجله)
4.
Maf’ulun
Fih (مفعول
فيه)
5. Maf’ulun Ma’ah (مفعول معه)
MAF’ULUN BIH
(مفعول به)
ialah: Isim manshub yang menunjukkan sesuatu hal yang terjadi atas perbuatan si
pelaku (Faa’il) seperti:
1.
قرأ
محمد القرآن،
2.
فهم
الطالب الدرس،
3.
يشرب
الأطفال اللبن،
Kata-kata yang bergaris di bawahnya yaitu اللبن،
الدرس، القرآن berfungsi sebagai MAF’ULUN BIH,
sebab itu harus dinashab.
Maf’ulun Bih ini terbagi atas dua bahagian:
a. Sharihun (صريح)
b.
Ghairu
Sharihun (غير
صريح)
Sharihun
artinya jelas, nampak, terang. Maf’ulun Bih yang sharih ini adakalanya terdiri
dari isim yang jelas (ظاهر) dan adakalanya ia dhamir (ضمير) kata ganti seperti:
1. شربت القهوة
2. سمعت الدعوة
3. كتبت المحاضرة
4. نصرتك
5. أكرمتك
6. أكرمه
7. اياك
نعبد
8. واياك
نستعين
9. اياها
أحبّ
Contoh
nomor 1,2,3 Maf’ulun Bihnya (اسم ظاهر), sedang contoh nomor 4,5,6 Maf’ulun Bihnya (ضمير
متصل), dan contoh nomor 7,8,9 Maf’ulun Bihnya (ضمير
منفصل).
Dalam
uraian dikatakan sebagai berikut:
1. القهوة
مفعول به منصوب، وعلامة نصبه فتحة ظاهرة في آخره،
2. الكاف
ضمير متصل مبني على الفتح في محل نصب مفعول به،
3. الهاء
ضمير متصل مبني على الضمّ في محل نصب مفعول به،
4. اياك
ضمير منفصل مبني على الفتح في محل نصب مفعول به مقدم،
5. اياها ضمير
منفصل مبني على السكون في محل نصب مفعول به.
Ghaeru Sharihin
artinya tidak jelas. Maf’ulun Bih seperti ini terbagi kepada tiga bagian yaitu:
أ.
مؤوّل
بمصدر، نحو : علمتُ أنّكَ مجتهد،
ب. جملة مؤولة بمفرد، نحو : ظَنَنتكَ تَجتَهد،
ت. جار ومجرور، نحو : مَرَرتُ بزيدٍ،
Dalam uraian dikatakan sebagai berikut:
أ.
أنَّ
حرف نصب وتوكيد ومصدري، تنصب الاسم وترفع الخبر، الكاف ضمير متصل مبني على
الفتح في محل نصب اسم أنَّ، مجتهدٌ خبر أنَّ مرفوع، وعلامة رفعه ضمة ظاهرة
في آخره، أنَّ واسمها وخبرها في تأويل المصدر في محل نصب مفعول به لعَلمتُ.
ب.
تجتهد
فعل مضارع مرفوع لتجرده من الناصب والجازم، وعلامة رفعه ضمة ظاهرة في آخره. وفاعله
ضمير مستتر فيه وجوبا تقديره أنت، والجملة من الفعل والفاعل في محل نصب
مفعول به ثان لظننتُ.
ت.
بزيد،
الباء حرف جر مبني على الكسر، زيد ممجرور بالباء، وهو في محل نصب مفعول به غير
صريح لمررتُ.
أو
تقول : زَيدٍ مجرور لفظا بالباء منصوب محلا لأنه مفعول به لمررت
Dari
uraian di atas terlihat bahwa yang berfungsi menjadi Maf’ulun Bih pada contoh
ialah ANNA, ISIMNYA DAN KHABARNYA diubah menjadi MASHDAR, hasil
perubahan itulah yang menjadi maf’ulun bihnya. Jadi ia tidak jelas (غير
صريح). Kira-kiranya kalimat itu sesudah
dirombak menjadi: (علمت اجتهادك)
Contoh (بـ) yang berfungsi menjadi Maf’ulun Bih ialah jumlah تجتهد
dengan FA’ILNYA dirubah menjadi bentuk
mufrad, sesudah dirubah menjadi mufrad diperkirakan jumlah ini menjadi: (ظننتك
مجتهدا)
Contoh
(ت)
yang berfungsi menjadi Maf’ulun Bih ialah kata زيد. Lafadhnya dijar karena ada harfu jaarin, sedang fungsinya
harus dinashab karena Maf’ulun Bih dari. مررتُ
Fiil
yang butuh kepada maf’ul disebut dengan fiil MUTAADDY, fiil tersebut terbagi 3
bagian
1. Fiil muta’addy yang butuh kepada 1 maful
bih
2. Fiil muta’addy yang butuh kepada 2 maful
bih
3. Fiil muta’addy yang butuh kepada 3 maful
bih
Pada uraian di atas termasuk contoh dari fiil
mutaaddy yang membutuhkan satu maf’ul, sedangkan fiil yang membutuhkan dua Maf’ul dapat
dilihat di bawah ini:
1. أعطى، نحو : أعطيت محمدا كتابا،
2. سأل، نحو :
سألَ الفقير الغنى صدقة،
3. منع، نحو :
منعت الكسلان التنزه،
4. حرّم، نحو : حرم الله اللعين رحمة،
5. منح، نحو :
منحت المجتهد جائزة،
6. كسا، نحو :
كسوت الفقير ثوبا،
7. ألبس، نحو : ألبست الام ولدها ثوبا،
8. علم، نحو :
علمت سعيدا الأنب،
9. أفهم، نحو : أفهم المفتش الاستاذ نظاما،
10. أطعم، نحو : أطعم الغنى القانع خبزا،
Kata-kata yang bergaris di bawahnya
itulah yang berfungsi Maf’ulun Bih. Contoh:
اعرابها
: محمدا مفعول به أول منصوب، وعلامة نصبه فتحة ظاهرة في آخره.
كتابا
مفعول به ثان منصوب، وعلامة نصبه فتحة ظاهرة في آخره.
Dua
Maf’ulun Bih yang terdapat pada contoh-contoh di atas tidak berasal dari
Mubtada dan Khabar, bandingkan fiil mutaady yang terdapat pada contoh di bawah
ini, semua maf’ul yang ada dalam jumlah berasal dari Mubtada dan Khabar yaitu:
1. رأى ،
نحو : رأيت العدل أساس الملك،
2. علم ،
نحو : علم الناس كل شيئ (خلا الله) باطلا،
3. درى ،
نحو : دروا العقلاء الانب خيرا من الذهب،
4. وجد ،
نحو : وجدنا اللص مقتولا،
5. الفي ،
نحو : ألفت النساء العلم نافعا،
6. تعلم ،
نحو : تعلم الشباب المطيعة نجاحا،
7. ظن ،
نحو : ظننت الشمس طالعة،
8. خال ،
نحو : خالت زينب الشمس غاربة،
9. حسب ،
نحو : أحسبت الهلال بدرا،
10. زعم ،
نحو : زعموا السحاب دخانا،
11. جعل ،
نحو : هل جعلتم المطر نازلا بعد قليل،
12. عد ،
نحو : لقد عددت القنبلة رعدا،
13. حجا ،
نحو : من حجا البرق لامعا في صفاء الجو،
14. هب ،
نحو : هب الليل مظلما والبرد شديدا،
Contoh nomor 1-6
dinamakan AF’ALUL YAQINI (أفعال اليقين), sedangkan nomor 7-14 dinamakan AF’ALUL DHANNI (أفعال
الظنّ). Uraian Maf’ulun Bih berasal dari mubtada
dan khabar ini sama saja uraian yang terdahulu.
Berikut ini
dijelaskan fi’il yang memerlukan tiga maf’ul, seperti fi’il-fi’il di bawah ini:
1. أرى - يري، نحو : أريت الأولاد السماء صافيةً،
2. أعلم - يعلم، نحو : أعلمت الاخوان السفر قريباً،
3. أخبر - يخبر، نحو : أخبرتِ البنت الام الامتحان بعيداً،
4. خبر - يخبر، نحو : خبرته إياه حقًا،
5. أنبأ - ينبئ، نحو : أنبأ الله العباد القيامة واقعة،
6. نبّأ - ينبئ، نحو : ونبأهم الجزاء حاصلا،
7. حدث - يحدث، نحو: حدثته اياه مسافرًا،
Dalam uraian dikatakan sebagai
berikut:
اعرابها:
أولاد
مفعول به أول منصوب، وعلامة نصبه فتحة ظاهرة في آخره،
السماء
مفعول به ثان منصوب، وعلامة نصبه فتحة ظاهرة في آخره،
صافية
مفعول به ثالث منصوب، وعلامة نصبه فتحة ظاهرة في آخره،
Maf’ulun Bih
umumnya terletak sesudah fi’il dan Fa’il, namun demikian kadang-kadang kita
jumpai terletak lebih dahulu dari fi’il dan fa’ilnya seperti: (ايّاك
نعبد، وايّاك نستعين) atau lebih dahulu dari fa’ilnya seperti:
(فهم الدرس محمد)
atau maf’ulun bihnya dijatuhkan, bila ada tanda yang cukup jelas sehingga tidak
menimbulkan kekeliruan mengenalinya seperti firman Allah Swt (ما
ودعك ربك وما قلى) sebenarnya di belakang kata (قلى) masih harus ada kata yang berfungsi sebagai maf’ulun bih,
tetapi dengan adanya (ك)
yang melekat pada (ودعك) jatuhnya (ك) pada (قلى) tidaklah mengelirukan. Sebab itu tidak disebut lagi.
Seharusnya berbunyi (ما ودعك ربك وما قلاك)
Kadang-kadang
dijumpai maf’ulun bihnya saja yang Nampak, seperti ketika sesorang bertanya
dengan mengatakan: (من وجدت في الدار), maka biasa hanya dijawab: (الطالب), semestinya jika dilengkapi jumlahnya menjadi (وجدت
الطالب).
Di sini terlihat
fi’il dan fa’ilnya jatuh, yaitu kata (وجد) dan (ت).
Dalam pelajaran qawaid adakalanya fi’il dan fa’il itu wajib tidak nampak atau
wajib dijatuhkan, yang nampak hanya maf’ulun bihnya saja, seperti:
1. الصدق الصدق،الكذب الكذب،
2. نحن الشرقيين نحب السلام،
3. الجريدة قرأتها،
Uraiannya sebagai berikut:
1. الصدق، مفعول به لفعل محذوف وجوبا تقديره
الزم الصدق.
2. الكذب، مفعول به لفعل محذوف وجوبا تقديره
باعد الكذب.
3. الترقيين، مفعول به لفعل محذوف وجوبا
تقديره أخص الترقيين.
4. الجريدة، مفعول به لفعل محذوف وجوبا
تقديره قرأت الجريدة.
Bentuk-bentuk
ini disebut bentuk (الإغراء والتحذير
والإختصاص والاشتغال). Keempat bentuk ini akan dibahas pada
materi selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar