MAF’ULUN MA’AH (مفعول معه)

Materi Matakuliah Nahwu wa Shorof oleh : Dr.Siti Kuraedah.,M.Ag / Dosen PBA IAIN Kendari 

MAF’ULUN MA’AH (مفعول معه)

Maf’ulun Ma’ah ialah isim manshub yang terletak di belakang wawul ma’iyyah (واو المعية). Apabila wawu itu bukan wawul ma’iyyah, maka isim itu tidak boleh dikatakan maf’ulun ma’ah, seperti:

1.      جاء محمد وعلى بعد،

2.      اشترك حمحد وعلى في التجارة،

3.      تخاصم الرجل وأخوه،

4.      جاء الضيف والشمس طالعة،

Isim yang terletak di belakang wawu pada contoh 1,2 dan 3 dinamakan (معطوف), jadi isim harus dirafa’ karena ia hanya diikutkan pada isim sebelumnya. Dalam uraian dikatakan sebagai berikut: (الواو واو العطف، علي معطوف على محمد. وعطف المرفوع. وهكذا).

Contoh nomor 4 wawunya dinamakan wawul hal (واو الحال) jumlah yang terletak di belakangnya harus dijadikan hal. Dalam uraian dikatakan sebagai berikut:

الواو واو الحال

الشمس مبتدأ مرفوع، وعلامة رفعه ضمة ظاهرة في آخره.

طالعة خبر المبتدأ مرفوع، وعلامة رفعه ضمة ظاهرة في آخره. الجملة حال

Maf’ulun Ma’ah diadakan untuk menjelaskan sesuatu yang selesai bersamaan dengan pekerjaan itu. Contoh :

1.      سرت وشاطئ النهر،

2.      مشيت والنهر،

3.      جلست وجدار المسجد،

4.      سار علي والجبل،

5.      سافر خليل والليل،

6.      رجع سعيد والشمس،

Dalam uraian dikatakan sebagai berikut:

أ‌)        الواو واو المعية، شاطئ مفعول معه منصوب، وعلامة نصبه قتحة ظاهرة في آخره وهو مضاف. النهر مضاف اليه مجرور، وعلامة جره كسرة ظاهرة في آخره.

ب‌)    الواو واو المعية، النهر مفعول معه منصوب، وعلامة نصبه قتحة ظاهرة في آخره. وهكذا.

Amil (عامل) pada Maf’ulun Ma’ah kadang-kadang fi’il seperti pada contoh-contoh yang terdahulu atau isim yang menyerupai fi’il seperti: (أنا ذاهب وخالدا). Di lain tempat kita jumpai amilnya dikira-kirakan (مقدرا) ini apabila terdapat (ما وكيف الاستفهاميتين). Contoh:

(ما أنت وخالد) taqdirnya (ما تكون وخالدا)

(وما لك وسعيدا) taqdirnya (وما حصل لك وسعيدا)

(وكيف أنت والسفر غدا) taqdirnya (وكيف تكون والسفر غدا)

Maf’ulun Ma’ah tidak boleh lebih dahulu dari amilnya dan yang menyertai amilnya. Tidak boleh kita mengatakan (والجبل سار علي) demikian juga (سار والجبل علي).

تمرينات

1.      أعرب ما يأتي:

أ‌)        سهرت والمصباح

ب‌)    اذهب والشارع الجديد

ت‌)    سار محمد والجبل

ث‌)    جئت وسعيدا

ج‌)     لا تسافر أنت وخالدا

2.      اجعل كل كلمة من الكلمات الآتية مفعولا معه:

الليل – خالدا – النهر – طلوع الشمس – الشمس

3.      ميز أنواع المفعولات في الجمل الآتية:

أ‌)        أكرمت الفقير اكراما

ب‌)    جلس الحارس أمام الباب

ت‌)    لا تضيع الوقت ميلا الى الراحة

ث‌)    كتبت الدرس صباحا

ج‌)     جاء الضيف وطلوع الشمس

ح‌)     سافرت الى بالى رغبة في الراحة

خ‌)     كلم الله موسى تكليما

د‌)       أحسبت البرد شديدا

ذ‌)       أخبر العميد الطلاب الامتحان  


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Makalah ulumul qur'an

  BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Memahami al-Qur’an banyak kaitannya dengan variable-variabel yang harus dikuasai, baik kaita...