Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran
: Bahasa Arab
Kelas/ Semester : XI / Genap
Topik
: الطلب و التعبير عن الرأي
Waktu
: 4 JP ( 4 x 45 Menit / 2 x Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat memahami ungkapan-ungkapan terkait topik الطلب و التعبير عن الرأي
2.
Siswa dapat mempraktekkan percakapan terkait topik الطلب و التعبير عن الرأي dengan makhroj yang
baik.
B. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap |
Langkah / Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
-
Guru memberi salam -
Membaca doa -
Apersepsi -
Menyampaikan Tujuan, Kompetensi Dasar , Topik, dan Indikator Pencapaian. |
10 Menit |
Inti |
Pertemuan – 1 -
Guru memperdengarkan mufrodat melalui kaset / ucapan guru. -
Siswa mengulangi / mengucapkan kembali mufrodat yang telah
diperdengarkan. -
Siswa secara berkelompok menerjemahkan teks percakapan. -
Siswa menampilkan hasil terjemahan dan hasil kerja soal. |
65 Menit |
Pertemuan – 2 -
Guru memperdengarkan materi / hiwar melalui kaset / ucapan guru. -
Siswa dikelompokkan secara berpasangan. -
Siswa mengucapkan kembali materi yang telah diperdengarkan kepada teman
sebangkunya. -
Siswa menampilkan / memperagakan percakapan didepan kelas. |
65 Menit |
|
Penutup |
-
Guru memberikan penguatan dan koreksi terhadap hasil pembelajaran. -
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pembelajaran. -
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari selanjutnya. -
Guru menutup pembelajaran dengan do’a dan salam. |
15 Menit |
C. Penilaian
1. Sikap : Observasi / Jurnal.
2. Pengetahuan : Tes Tertulis.
3. Keterampilan : Demonstrasi
Kendari,.............2020
Mengetahui,
Guru Pamong,
Mahasiswa PLP II,
Wa Faaria,
S.Ag., MA Jamet
Wolio
NIP.
197503252007012015 NIM.
17010102034
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran
: Bahasa Arab
Kelas/ Semester : XI / Genap
Topik
: الطلب و التعبير عن الرأي
Waktu
: 2 JP ( 2 x 45 Menit / 1 x Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat memahami kaidah sifat-mausuf dalam
bahasa Arab.
2.
Siswa dapat mengidentifikasi kata sifat-mausuf dalam bahasa Arab.
B. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap |
Langkah / Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
-
Guru memberi salam -
Membaca doa -
Apersepsi -
Menyampaikan Tujuan, Kompetensi Dasar , Topik, dan
Indikator Pencapaian. |
10 Menit |
Inti |
Pertemuan – 3 -
Guru memjelaskan kaidah-kaidah sifat mausuf -
Siswa diminta bertanya hal-hal yang belum dipahami -
Siswa membuat kata dengan menggunakan kaidah sifat
mausif yang benar -
Guru memberi soal dipapan tulis -
Siswa melengkapi kata sifat yang tepat |
65 Menit |
Penutup |
-
Guru memberikan penguatan dan koreksi terhadap hasil
pembelajaran. -
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pembelajaran. -
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari
selanjutnya. -
Guru menutup pembelajaran dengan do’a dan salam. |
15 Menit |
C. Penilaian
4.
Sikap : Observasi / Jurnal.
5.
Pengetahuan : Tes Tertulis.
6.
Keterampilan : Demonstrasi.
Kendari,.............2020
Mengetahui,
Guru Pamong,
Mahasiswa PLP II,
Wa Faaria,
S.Ag., MA Jamet
Wolio
NIP.
197503252007012015 NIM.
17010102034
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran
: Bahasa Arab
Kelas/ Semester : XI / Genap
Topik
: القدرة المعلنة
Waktu
: 4 JP ( 4 x 45 Menit / 2 x Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat memahami ungkapan-ungkapan terkait topik القدرة المعلنة dengan baik
dan benar.
2.
Siswa mampu membaca teks percakapan terkait topik القدرة المعلنة dengan makhroj yang baik dan benar
B. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap |
Langkah / Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
-
Guru memberi salam -
Membaca doa -
Apersepsi -
Menyampaikan Tujuan, Kompetensi Dasar , Topik, dan Indikator Pencapaian. |
10 Menit |
Inti |
Pertemuan – 4 -
Guru memperdengarkan mufrodat melalui kaset / ucapan guru. -
Siswa mengulangi / mengucapkan kembali mufrodat yang telah
diperdengarkan. -
Siswa secara berkelompok menerjemahkan teks percakapan. -
Siswa menampilkan hasil terjemahan dan hasil kerja soal. |
65 Menit |
Pertemuan – 5 -
Guru memperdengarkan materi / hiwar melalui kaset / ucapan guru. -
Siswa dikelompokkan secara berpasangan. -
Siswa mengucapkan kembali materi yang telah diperdengarkan kepada teman
sebangkunya. -
Siswa menampilkan / memperagakan percakapan didepan kelas. |
65 Menit |
|
Penutup |
-
Guru memberikan penguatan dan koreksi terhadap hasil pembelajaran. -
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pembelajaran. -
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari selanjutnya. -
Guru menutup pembelajaran dengan do’a dan salam. |
15 Menit |
C. Penilaian
1. Sikap : Observasi / Jurnal.
2. Pengetahuan : Tes Tertulis.
3. Keterampilan : Demonstrasi.
Kendari,.............2020
Mengetahui,
Guru Pamong,
Mahasiswa PLP II,
Wa Faaria,
S.Ag., MA Jamet
Wolio
NIP.
197503252007012015 NIM.
17010102034
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran
: Bahasa Arab
Kelas/ Semester : XI / Genap
Topik
: القدرة المعلنة
Waktu
: 2 JP ( 2 x 45 Menit / 1 x Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat memahami kata kerja ( fi’il mudhari )
yang dimasuki huruf أن sesuai dengan kaidah struktur bahasa yang baik dan benar.
2.
Siswa dapat mengidentifikasi kata kerja ( fi’il
mudhari ) yang dimasuki huruf أن dalam teks percakapan terkait topik القدرة المعلنة.
B. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap |
Langkah / Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
-
Guru memberi salam -
Membaca doa -
Apersepsi -
Menyampaikan Tujuan, Kompetensi Dasar , Topik, dan
Indikator Pencapaian. |
10 Menit |
Inti |
Pertemuan – 6 -
Guru menjelaskan kembali wazan-wazan fi’il mudhari’. -
Guru memberi penjelasan terkait dengan kaidah
penyusunan kata kerja ( Fi’il mudhari ) yang dimasuki huruf أن. -
Siswa diminta bertanya terkait materi. -
Siswa membuat beberapa kata kerja menggunakan pola
wazan fi’il mudhari’ dengan memperhatikan setiap perubahan dhamir. -
Guru memberi beberapa contoh soal. -
Siswa diminta menjawab soal-soal yang diberikan guru. |
65 Menit |
Penutup |
-
Guru memberikan penguatan dan koreksi terhadap hasil
pembelajaran. -
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi
pembelajaran. -
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari
selanjutnya. -
Guru menutup pembelajaran dengan do’a dan salam. |
15 Menit |
C. Penilaian
4. Sikap : Observasi / Jurnal.
5. Pengetahuan : Tes Tertulis.
6. Keterampilan : Demonstrasi.
Kendari,.............2020
Mengetahui,
Guru Pamong,
Mahasiswa PLP II,
Wa Faaria,
S.Ag., MA Jamet
Wolio
NIP.
197503252007012015 NIM.
17010102034
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran
: Bahasa Arab
Kelas/ Semester : XI / Genap
Topik
: إعلان الإرادة
Waktu
: 2 JP ( 2 x 45 Menit / 1 x Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat memahami ungkapan-ungkapan terkait topik إعلان الإرادة dengan baik dan benar.
2.
Siswa mampu mempraktekkan percakapan terkait topik إعلان الإرادة dengan makhroj yang baik dan benar.
B. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap |
Langkah / Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
-
Guru memberi salam -
Membaca doa -
Apersepsi -
Menyampaikan Tujuan, Kompetensi Dasar , Topik, dan
Indikator Pencapaian. |
10 Menit |
Inti |
Pertemuan – 7 -
Guru memberikan mufrodat melalui ucapan guru. -
Siswa mengulangi / mengucapkan kembali mufrodat yang
diberikan guru . -
Guru memberi gambar yang sesuai mufrodat untuk membantu
siswa memahami dan menghafalkan mufrodat. -
Siswa memperhatikan gambar dan mencocokkannya dengan
mufrodat. -
Guru memberi games dan pertanyaan sebagai penguatan. -
Siswa memperagakan cara mengungkapkan kemauan, sesuai
mufrodat yang diberikan. |
65 Menit |
Penutup |
-
Guru memberikan penguatan dan koreksi terhadap hasil
pembelajaran. -
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi
pembelajaran. -
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari
selanjutnya. -
Guru menutup pembelajaran dengan do’a dan salam. |
15 Menit |
C. Penilaian
7. Sikap : Observasi / Jurnal.
8. Pengetahuan : Tes Tertulis.
9. Keterampilan : Demonstrasi.
Kendari,.............2020
Mengetahui,
Guru Pamong,
Mahasiswa PLP II,
Wa Faaria,
S.Ag., MA Jamet
Wolio
NIP.
197503252007012015 NIM.
17010102034
Tidak ada komentar:
Posting Komentar